Popular Post

Posts

Posted by : YAHYA Wednesday 26 August 2015


OS Ubuntu Indonesia Resmi Hadir

BUCTekno, Bekasiurbancity.com –Pasti banyak orang bertanya apa sih ubuntu itu, dan pasti banyak pertanyaan aneh tentang jenis linux tersebut. Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Di Indonesia sendiri perkembangan Ubuntu sangat cepat, para Developer selalu membuat inovasi baru untuk jenis linux tersebut.
Belum lama ini, Yayasan Teknologi Terbuka Indonesia (YaTTI) meluncurkan Ubuntu Indonesia, merupakan versi sistem operasi inti program Linux yang dikhusukan untuk pengguna atau aplikasi di Indonesia pada Senin (17/08/2015).
Pihak YaTTI mengatakan Ubuntu Indonesia merupakan salah satu distribusi Linux/Ubuntu yang memiliki konfigurasi khusus dengan sistem default yang disesuaikan pada standar program atau aplikasi untuk pemerintah dan kalangan bisnis di Indonesia.
Dilansir dari cnnindonesia.com (18/08/2015), Sistem operasi ini menawarkan tampilan yang sederhana, dan polos, dalam arti tak ada hiasan atau program yang tidak diperlukan.
Menurut pengelola YaTTI, Ubuntu selama ini diketahui sebagai sistem operasi andal, aman, dan gratis, yang digunakan oleh para pakar teknologi informasi. Tetapi perkembangannya terhambat oleh sistem default internasional yang kurang sesuai dengan standar di Indonesia.
Dalam siaran pers, YaTTI mengklaim Ubuntu Indonesia memiliki keunggulan antara lain repository yang lengkap, sistem yang mudah dipakai, serta dukungan dari komunitas dan pengguna yang banyak.
Ubuntu Indonesia juga memberikan kemudahan dengan konfigurasi yang menyertakan standar aplikasi, software propietary (berpemilik), serta codec sehingga diklaim sebagai sistem operasi yang siap pakai, tanpa perlu pengaturan.
YaTTI, yang fokus pada pengembangan teknologi bersifat terbuka (open source), melakukan pengembangan Ubuntu Indonesia sejak tahun 2014 dan didirikan oleh Gary Dean (pendiri Forum Ubuntu Indonesia), HM Basyir (mantan Walikota Pekalongan), dan Teddy Sukardi.
Mereka memiliki pusat pengembangan yang disebut Pusat Komputer Masyarakat (Puskomas) yang bekerjasama dengan Pemkot Pekalongan.
Ubuntu sendiri pertama kali dirilis pada 20 Oktober 2004 oleh organisasi Canonical dari Inggris dengan prinsip sistem terbuka.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © KISAH SIPENULIS BLOG SEO - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -