- Home >
- KEGIATAN PENUJNANG >
- REALISASI KEGIATAN MAHASISWA KKN
Posted by : YAHYA
Saturday, 27 February 2016
Gambar : Foto bersama adex SD Gampong Panjoe
A.
Kegiatan Penunjang
Mahasiswa Pelaksana
Kegiatan Penunjang
Nama : Yahya
Fakultas : Teknik
Jurusan : Teknik
Elektro
- Bidang Kegiatan yang Dipilih
Mengajar berhitung Cepat
2.
Maksud, Tujuan dan
Sasaran yang Ingin Dicapai
Maksud
Agar anak-anak mampu berhitung Cepat
Tujuan
Memahami dan mengerti cara berhitung dengan benar
serta dapat mengucapkan huruf serta angka dengan benar.
Sasaran yang Ingin Dicapai
Dari kegiatan ini diharapkan
anak-anak untuk dapat memahami angka dengan benar. Mengejar serta melakukan
pengoperasian penjumlahan, dan pengurangan serta Perkalian dengan benar.
Metode dan kegiatan
Metode pelaksanaan
Metode yang digunakan dalam pelaksanaan ini adalah mendatangi pihak sekolah
serta meminta izin kepada pihak sekolah dan guru yang bersangkutan ( guru) di
SDN ARON untuk melaksanakan proses pembelajaran di kelas I, IV dan V.
Tempat Dan Waktu
Hari / tanggal : 06 Februari 2016
Jam : 11 : 00 – 12 :
30 Wib
Tempat : Ruang kelas SDN
Aron
Pelaksana dan peserta
Sosialisasi mengenai belajar berhitung cepat di SDN ARON adalah yahya yang
dibantu oleh seluruh anggota kelompok dengan jumlah siswa kelas IV yang
mengikuti kegiatan ini adalah sebanyak kurang lebih 12 orang siswa/i. Saat
kegiatan pembelajaran berlangsung siswa terlihat serius dan antusias dalam
menyimak pembelajaran dan memberi respon dengan baik terhadap materi yang
disampaikan. Hal ini terlihat dari antusias mereka saat memanfaatkan sebuah
komputer yang dimanfaatkan sebagai tempat Mengerjakan sebuah tugas dll.
Langkah kerja
- Membuka pelajaran, yaitu
perkenalan dengan siswa dan menyampaikan tujuan cara berhitung lebih cepat
.
- Melaksanakan kegiatan inti
pembelajaran, yaitu melakukan tahapan-tahapan dalam proses pembelajaran
melalui metode pembelajaran Discovery Learning (kegiatan keolmpok siswa
dalam proses pembelajaran untuk membahas materi yang disampaikan oleh
guru). Yang mana dalm kegiatan ini siswa di bagi ke dalam 3 kelompok yang
terdiri dari: kelompok 1, 2, 3 dan 4 serta 5. Selanjutnya masing-masing
kelompok diminta untuk melakukan pelatihan dalam berhitung. Menutup
pembelajaran, yaitu memberi sebuah latihan untuk di kerjakan di rumah.
3.
Hasil yang Dicapai dan
Tindak Lanjut
Hasil yang dicapai
Kegiatan mengajar
berhitung ini dilaksanakan dalam beberapa hari, dan yang sebagai pesertaya
adalah anak-anak SD GAMPONG PANJOE. Diawali pada hari yang tetap di sekolah
dengan jadwal yang di berikan kepala sekolah. Saya memulai mengajari anak-anak
SD GAMPONG PANJOE lebih tepat di kelas 5, tersebut tentang bagaimana cara
berhitung dengan benar serta mengenalkan mereka tentang angka untuk memudahkan
mereka berhitung. Dihari tersebut saya juga mengajak anak-anak tersebut melatih
Berhitung lebih cepat.
Pada hari selanjutnya,
saya kembali ke sekolah tersebut untuk mengajarkan tentang Berhitung kembali.
Tampak anak-anak antusias dan ingin lebih lanjut mengenal tentang Berhitung
dengan cepat tanpa menghafal lagi.
Pada hari selanjutnya,
saya kembali mengunjungi sekolah SD GAMPONG PANJOE untuk melakukan lanjutan
dari program utama saya selain mengajar komputer saya juga mengajar yaitu
berhitung cepat. Kelas pertama yang saya masuki adalah kelas 5 SD GAMPONG
PANJOE. Dimana saat itu saya mengajar tentang pengoperasian perkalian pecahan.
Dan kelas kedua yang menjadi sasaran peserta saya selanjutnya adalah anak-anak
dari kelas 4. Tampak anak-anak tersebut antusias mengikuti pembelajaran serta
materi yang saya berikan. Pengenalan tentang angka serta penjumlahan dan
pengurangan yang coba saya berikan tampak membuat anak-anak untuk lebih ingin
mengenal lagi serta belajar lagi.
Tindak Lanjut
Diharapkan kepada para guru untuk lebih mengontrol dan
memperhatikan anak baik dalam situasi belajar, bermain, etika, eksak, maupun
dalam berlingkungan. Tidak hanya itu saja, diharapkan juga agar para murid,
guru, serta kepala sekolah untuk lebih memperhatikan tentang kondisi sekolah
serta aturan yang berlaku dalam sekolah untuk tidak dilanggar. Diharapkan juga
kepada orang tua untuk selalu mendorong dan mendukung anak dalam hal pendidikan
maupun aktifitas-aktifitas anak sebagai penerus bangsa bukan itu saja hal dalam
agama juga sangat di utamakan.
4.
Faktor Pendukung dan
Penghambat
Kondisi lingkungan tempat tinggal menjadi faktor
pendukung yang cukup besar bagi saya untuk menjalankan kegiatan mengajar
berhitung. Karena di GAMPONG PANJOE KAB.PIDIE GAMPONG PANJOE KAB.PIDIE ini terdapat Sekolah Dasar dimana saya bisa
menjalankan program-program saya.
Tetapi kegiatan ini sedikit
terhambat karena kurang mampu nya anak-anak di SD GAMPONG PANJOE dalam belajar. Di SD
tersebut masih ada anak-anak yang belum bisa berhitung. Tidak hanya itu,
anak-anak yang belum bisa tersebut bukan berasal dari kelas awal melainkan dari
kelas kelas 4 itu sendiri, masih ada yang belum bisa
berhitung baik itu menjumlahkan, mengurangi, perkalian, serta pembagian. Utnuk
kelas awal, masih banyak pengenalan yang telat diberikan guru sehingga masih
ada yang belum dapat menuliskan dan menyebutkan angka 1-10.