Popular Post

Posts

Posted by : YAHYA Saturday 27 February 2016

 Gambar : Foto bersama adex SD Gampong Panjoe
Gambar : Foto bersama adex SD Gampong Panjoe


A.    Kegiatan Penunjang
Mahasiswa Pelaksana Kegiatan Penunjang
Nama               : Yahya
Fakultas           : Teknik
Jurusan            : Teknik Elektro
  1. Bidang Kegiatan yang Dipilih
Mengajar berhitung Cepat
2.    Maksud, Tujuan dan Sasaran yang Ingin Dicapai
Maksud
Agar anak-anak mampu berhitung Cepat
Tujuan
Memahami dan mengerti cara berhitung dengan benar serta dapat mengucapkan huruf serta angka dengan benar.
Sasaran yang Ingin Dicapai
Dari kegiatan ini diharapkan anak-anak untuk dapat memahami angka dengan benar. Mengejar serta melakukan pengoperasian penjumlahan, dan pengurangan serta Perkalian dengan benar.
Metode dan kegiatan
Metode pelaksanaan
Metode yang digunakan dalam pelaksanaan ini adalah mendatangi pihak sekolah serta meminta izin kepada pihak sekolah dan guru yang bersangkutan ( guru) di SDN ARON untuk melaksanakan proses pembelajaran di kelas I, IV dan V.
Tempat Dan Waktu
Hari / tanggal  : 06 Februari 2016
Jam                  : 11 : 00 – 12 : 30 Wib
Tempat            : Ruang kelas SDN Aron
Pelaksana dan peserta
Sosialisasi mengenai belajar berhitung cepat di SDN ARON adalah yahya yang dibantu oleh seluruh anggota kelompok dengan jumlah siswa kelas IV yang mengikuti kegiatan ini adalah sebanyak kurang lebih 12 orang siswa/i. Saat kegiatan pembelajaran berlangsung siswa terlihat serius dan antusias dalam menyimak pembelajaran dan memberi respon dengan baik terhadap materi yang disampaikan. Hal ini terlihat dari antusias mereka saat memanfaatkan sebuah komputer yang dimanfaatkan sebagai tempat Mengerjakan sebuah tugas dll.
Langkah kerja
  • Membuka pelajaran, yaitu perkenalan dengan siswa dan menyampaikan tujuan cara berhitung lebih cepat .
  • Melaksanakan kegiatan inti pembelajaran, yaitu melakukan tahapan-tahapan dalam proses pembelajaran melalui metode pembelajaran Discovery Learning (kegiatan keolmpok siswa dalam proses pembelajaran untuk membahas materi yang disampaikan oleh guru). Yang mana dalm kegiatan ini siswa di bagi ke dalam 3 kelompok yang terdiri dari: kelompok 1, 2, 3 dan 4 serta 5. Selanjutnya masing-masing kelompok diminta untuk melakukan pelatihan dalam berhitung. Menutup pembelajaran, yaitu memberi sebuah latihan untuk di kerjakan di rumah.
3.                  Hasil yang Dicapai dan Tindak Lanjut
Hasil yang dicapai
Kegiatan mengajar berhitung ini dilaksanakan dalam beberapa hari, dan yang sebagai pesertaya adalah anak-anak SD GAMPONG PANJOE. Diawali pada hari yang tetap di sekolah dengan jadwal yang di berikan kepala sekolah. Saya memulai mengajari anak-anak SD GAMPONG PANJOE lebih tepat di kelas 5, tersebut tentang bagaimana cara berhitung dengan benar serta mengenalkan mereka tentang angka untuk memudahkan mereka berhitung. Dihari tersebut saya juga mengajak anak-anak tersebut melatih Berhitung lebih cepat.
Pada hari selanjutnya, saya kembali ke sekolah tersebut untuk mengajarkan tentang Berhitung kembali. Tampak anak-anak antusias dan ingin lebih lanjut mengenal tentang Berhitung dengan cepat tanpa menghafal lagi.
Pada hari selanjutnya, saya kembali mengunjungi sekolah SD GAMPONG PANJOE untuk melakukan lanjutan dari program utama saya selain mengajar komputer saya juga mengajar yaitu berhitung cepat. Kelas pertama yang saya masuki adalah kelas 5 SD GAMPONG PANJOE. Dimana saat itu saya mengajar tentang pengoperasian perkalian pecahan. Dan kelas kedua yang menjadi sasaran peserta saya selanjutnya adalah anak-anak dari kelas 4. Tampak anak-anak tersebut antusias mengikuti pembelajaran serta materi yang saya berikan. Pengenalan tentang angka serta penjumlahan dan pengurangan yang coba saya berikan tampak membuat anak-anak untuk lebih ingin mengenal lagi serta belajar lagi.
Tindak Lanjut
Diharapkan kepada para guru untuk lebih mengontrol dan memperhatikan anak baik dalam situasi belajar, bermain, etika, eksak, maupun dalam berlingkungan. Tidak hanya itu saja, diharapkan juga agar para murid, guru, serta kepala sekolah untuk lebih memperhatikan tentang kondisi sekolah serta aturan yang berlaku dalam sekolah untuk tidak dilanggar. Diharapkan juga kepada orang tua untuk selalu mendorong dan mendukung anak dalam hal pendidikan maupun aktifitas-aktifitas anak sebagai penerus bangsa bukan itu saja hal dalam agama juga sangat di utamakan.
4.                  Faktor Pendukung dan Penghambat
Kondisi lingkungan tempat tinggal menjadi faktor pendukung yang cukup besar bagi saya untuk menjalankan kegiatan mengajar berhitung. Karena di GAMPONG PANJOE KAB.PIDIE GAMPONG PANJOE KAB.PIDIE ini terdapat Sekolah Dasar dimana saya bisa menjalankan program-program saya.

Tetapi kegiatan ini sedikit terhambat karena kurang mampu nya anak-anak di SD GAMPONG PANJOE dalam belajar. Di SD tersebut masih ada anak-anak yang belum bisa berhitung. Tidak hanya itu, anak-anak yang belum bisa tersebut bukan berasal dari kelas awal melainkan dari kelas kelas 4 itu sendiri, masih ada yang belum bisa berhitung baik itu menjumlahkan, mengurangi, perkalian, serta pembagian. Utnuk kelas awal, masih banyak pengenalan yang telat diberikan guru sehingga masih ada yang belum dapat menuliskan dan menyebutkan angka 1-10.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © KISAH SIPENULIS BLOG SEO - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -