Popular Post

Posts

Posted by : YAHYA Saturday 22 August 2015

ASSALAMUALAIKUM, WARAHMATULLAHI WABARAKATUH



    Zona adalah : suatu titik delegasi pada pohon DNS. Bila terdapat RR NS di dalam suatu cabang pohon DNS, Maka cabang tersebut dengan zona. Sedangkan Pengertian yang di katakan Domain 

   Domain adalah : sembarang nama yang terdapat pada pohon DNS. jadi sesungguhnya semua doman (kecuali domain ROOT) baik itu TLD,SLD, domain tingkat tiga, dan seterusnya, adalah domain. Bila domain tersebut didelegasikan (ditandai dengan adanya RR NS), maka domain tersebut juga sekaligus merupakan zona.

            Namun pada segi pratek, istilah domain lebih sering digunakan menggantikan kata zona untuk mempermudah pemahaman.

Kalau kita untuk mengelola sebuah zona, diperlukan paling tidak kita gunakan 2 buah server DNS otoritatif yang aktif. Server Utama (disebut dengan prmary nama server ) baris data DNS zona yang bersangkutan. setelah kita konfigurasikan dengan benar, server sekunder (disebut dengan secondary nama server ), akan mendowload ada DNS dari server utama secara otomatif. sedangkan proses dowload ini dikatakan transfer zona. server sekunder juga berperan sebagai server DNS bagi zona tersebut.

Maka server resolver akan melakukan/menghubungi server DNS secara Acak. Tapih kita tiak bisa menjamin server utama akan selalu menghubungi oleh para resolver. Kali ini selain primer dan sikunder, ada juga sering desebut dengan stealth nameserver. server ini di sebut dengan server otoritatif, namun namanya tidaknya dipublikasikan sebagai server NS "resmi" artikel kali ini kita bahas tentang primer dan sikunder (DNS).

   kalau kita hanya mempunyai satu server saja maka mari segera sediakan server sikunder, karna untuk melakukan pendaftaran domain kita di wajibkan adanya dua buah server DNS. Kalau kita mau memakai satu server saja maka kita di anjurkan menggunakan dua IP sayaratnya antara ip satu dan ip ke dua harus berbeda. Namun tentu saja ini tidak di sarankan karna apabila server nya mati, maka semua domain  yang ada di server tersebut akan tidak dikenali di internet. 

Mungkin sekian dulu saja,,,,, kalau bermanfaat janagn lupa di share dan like ya.......
Salam Kompak semoga indonesia lebih maju lagi Jangan kalah dengan negeri lain,,,,,

Mari kita Maju terus,,,,,

Wassalam,,,,,,,,

Sumber :Penerbit Dian Rakyat (Anggota IKAPI).

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © KISAH SIPENULIS BLOG SEO - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -